Mantan PM Inggris Tony Blair Temui Jokowi di Istana


Jakarta

Mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Tony Blair merapat ke Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Tony Blair hendak bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan detikcom, Tony Blair tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (7/3/2023), pukul 12.15 WIB. Tony Blair terlihat memakai masker dan mengenakan setelan jas lengkap.

Tony Blair kemudian berjalan menuju ke dalam Istana. Belum diketahui persis mengenai isi bahasan Tony Blair dengan Jokowi.

Pada Rabu, 19 Oktober 2022, Tony Blair juga sempat bertemu dengan Jokowi di Istana. Tony Blair yang merupakan Dewan Penasihat Ibu Kota Nusantara (IKN) yang diminta membantu mempromosikan IKN ke dunia internasional.

“Presiden minta Tony Blair dan Tony Blair kebetulan menawarkan diri juga untuk membantu promosikan ibu kota baru ini ke internasional,” kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan selepas mendampingi Jokowi seperti dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (19/10/2022).

Menurut Luhut, Tony Blair menyampaikan sejumlah pandangan perihal strategi promosi yang dapat dilakukan pemerintah Indonesia. Tony Blair mengatakan pemerintah dapat melakukan promosi ke beberapa negara lain, seperti pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT), serta sejumlah perusahaan asing di kawasan Asia untuk berinvestasi di IKN.

“Tadi pikiran dari Pak Tony Blair, pengusaha dari–pemerintah maksudnya dari Uni Emirat Arab dengan Tiongkok. Kemudian, tadi Saudi dengan Korea itu joint company,” ujar Luhut.

Luhut mengatakan, selain perusahaan asing, perusahaan dari Indonesia akan berkontribusi dalam pembangunan IKN dengan menanamkan modalnya di sana. Selain itu, Luhut menyatakan Tony Blair sangat puas atas paparan dan materi yang disajikan dalam kegiatan Ibu Kota Nusantara Sejarah Baru Peradaban Baru yang digelar tadi malam. Kehadiran Jokowi yang turut menyampaikan sambutan serta ajakan kepada para investor untuk berinvestasi di IKN juga diapresiasi.

(knv/haf)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.