JAKARTA-Dunia Bisnis yang penuh dinamika dipenuhi berbagai tantangan kompleks. Untuk dapat terus beradaptasi dan berkembang, penguasaan teknologi terkini menjadi aspek yang krusial. Dalam artikel ini, Dmitrii Egorenkov akan membagikan pemikirannya mengenai peran kecerdasan buatan (AI) dalam pemasaran modern. Egorenkov adalah Chief Marketing Officer di B9, yang memberikan banyak informasi dari berbagai wilayah dunia, termasuk Eropa, Amerika Latin, Asia Tenggara, dan Amerika Serikat.
Mulai dari tahun 2016 hingga 2018, Dmitrii menjabat sebagai Direktur Pemasaran di DoctorDong, bagian dari Digital Finance Group. DoctorDong, link, berada di garis depan teknologi keuangan di Vietnam, menyediakan solusi keuangan darurat untuk jutaan warga Vietnam. Berkat strategi pemasaran dan prinsip-prinsip yang diterapkan oleh Dmitrii, perusahaan terus mengikuti perkembangan di pasar.
Dia mengatakan bahwa menggunakan AI untuk meningkatkan efisiensi pemasaran penting untuk memperluas ke pasar yang baru.
BACA JUGA:
Konsep mengenai AI hampir tidak pernah terdengar beberapa tahun yang lalu, terutama di wilayah seperti Vietnam. Penggunaan teknologi ini memerlukan kerjasama intens dengan penerjemah dan desainer.
Setiap lokasi berbeda dan memerlukan banyak usaha untuk memahaminya. Hambatan bahasa yang dihadapi yang signifikan, khususnya di Thailand dan Myanmar, menjadi tantangan tersendiri. Bahkan dengan upaya penerjemah yang intensif, mengikuti perkembangan pasar secara cepat tidaklah mudah.
Oleh karena itu, Egorenkov memaparkan lima bidang utama di mana AI dapat secara signifikan meningkatkan strategi pemasaran Anda, Sehingga Anda dapat merambah pasar baru secara efektif, baik lokal maupun global
1. Presisi Lokalisasi
AI berperan dalam menyempurnakan materi pemasaran agar sesuai dengan preferensi regional. Sebagai contoh, platform Crowdin memanfaatkan pembelajaran mesin untuk membantu merek menavigasi perbedaan linguistik dan budaya, memastikan konten berhubungan dengan audiens yang beragam. Penggunaan AI ini tidak hanya meningkatkan keterhubungan dengan audiens, tetapi juga secara keseluruhan membuat konten lebih efektif.
Lebih lanjut, AI melampaui sekadar terjemahan dengan menghadirkan pemahaman mendalam terkait perilaku dan preferensi konsumen lokal. Hal ini berperan penting dalam membantu merek baru memberikan dampak yang berarti bagi audiens baru.
2. Personalisasi Skala
AI memungkinkan kustomisasi upaya pemasaran agar lebih sesuai dengan selera individu. Platform seperti AdCreative.ai menggunakan data konsumen untuk menyesuaikan konten dan promosi, sehingga meningkatkan engagement dan tingkat konversi.
Algoritma menganalisis perilaku pengguna, preferensi, dan interaksi sebelumnya untuk memastikan konten sangat tertarget. Penawaran khusus yang dihasilkan membantu pelanggan merasa dipahami, sehingga meningkatkan tingkat keterlibatan dan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.
3. Wawasan Prediktif
Kemampuan prediktif AI membantu mengungkap tren, perilaku, dan peluang utama yang krusial dalam membuat keputusan cerdas di pasar baru. Tools seperti Domo membantu bisnis dalam memperkirakan pergeseran pasar dan pola konsumen. Wawasan ke depan ini sangat penting bagi setiap bisnis untuk membuat keputusan yang terinformasi dan berbasis data.
AI tidak hanya berperan dalam mengantisipasi pergeseran pasar, tetapi juga dalam memanfaatkan peluang baru. Dengan demikian, wawasan prediktif menjadi alat yang ampuh bagi para pemasar aktif untuk meraih kesuksesan.
4. Chatbot untuk Interaksi Pelanggan
Chatbot bertenaga AI menawarkan dukungan multibahasa secara langsung, sehingga menghadirkan pengalaman pelanggan yang baik saat memasuki pasar baru. Layanan seperti platform Intercom menyediakan bot percakapan untuk interaksi pelanggan yang efisien.
Bot ini dirancang untuk memahami dan menanggapi berbagai pertanyaan dengan lancar dan efisien, sehingga membangun kepercayaan pelanggan. Keandalan ini turut meningkatkan persepsi merek di mata audiens.
5. Strategi Memasuki Pasar
AI menganalisis data yang luas untuk menyempurnakan strategi memasuki pasar baru, mengidentifikasi peluang yang menguntungkan, dan menentukan saluran pemasaran yang efektif. SightX, misalnya, menawarkan tools untuk penelitian pasar dan pengembangan strategi. Dengan memanfaatkan AI, bisnis dapat mengidentifikasi segmen pasar yang paling menguntungkan dan preferensi konsumen secara akurat.
Informasi ini memungkinkan bisnis untuk membuat keputusan yang lebih terinformasi, sehingga mereka dapat fokus pada upaya yang paling penting. Dengan alokasi sumber daya yang lebih efektif, memasuki pasar baru dapat dilakukan dengan tepat sasaran dan berujung pada keberhasilan. AI membuat navigasi di pasar baru yang kompleks menjadi lebih mudah dari sebelumnya.
Penerapan berbagai perangkat AI ini dapat menekan biaya pemasaran dan mengurangi ketergantungan pada tim yang besar. AI terbukti menjadi mitra yang tak ternilai dalam upaya ekspansi Anda, dengan kemampuannya untuk merampingkan proses, meningkatkan komunikasi, dan memberikan wawasan kritis.
Dengan mengintegrasikan AI, bisnis dapat mengatasi kesenjangan bahasa dan budaya, sehingga meraih keunggulan kompetitif untuk melakukan diversifikasi yang sukses di berbagai pasar. AI menjadi elemen kunci yang transformatif dalam masa depan bisnis internasional.
Tentang Dmitrii Egorenkov
Dmitrii Egorenkov adalah Chief Marketing Officer di B9, platform terkemuka dalam pemasaran dan akuisisi pelanggan di bidang jasa keuangan. Sepanjang karirnya di industri keuangan di 10 negara, beliau telah memperoleh dan menerapkan strategi inovatif untuk mempromosikan layanan FinTech dalam berbagai bidang.
Follow Berita Okezone di Google News
Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya
(FDA)