Hancurkan sejumlah karya seni hingga piano, iklan iPad Pro tuai kecaman. (X/tim_cook)
JAKARTA – Apple meluncurkan produk terbaru yakni iPad Pro dengan desain dan teknologi terbaru. Namun, iklan produk tersebut menuai kritik karena dianggap menghancurkan karya seni warisan manusia.
Presiden Apple, Tim Cook, mengunggah video iklan iPad Pro pada akun X (Twitter) pribadinya. Ia dengan bangga memperkenalkan hasil karya terbaru dari Apple yang dianggap paling mutakhir.
“Perkenalkan iPad Pro baru: produk tertipis yang pernah kami ciptakan, layar tercanggih yang pernah kami produksi, dengan kekuatan luar biasa dari chip M4. Bayangkan saja semua hal yang akan digunakan untuk membuatnya,” tulis Tim Cook dalam keterangan unggahan video tersebut.
Pada iklan tersebut terlihat sejumlah karya seni manusia seperti piano, terompet, patung, dan banyak lagi disusun rapi dalam satu panggung. Ternyata, itu adalah mesin penghancur yang menggunakan tekanan pada bagian atas sehingga seluruh barang akan rata.
Setelah selesai menghancurkan, mesin kembali naik ke atas dan terlihat sebuah iPad Pro berada di tengah alat penghancur itu. Diibaratkan seluruh karya seni tersebut menjadi satu di dalam iPad Pro.
Namun, iklan tersebut menuai banyak kritik. Mereka menganggap iklan iPad Pro tersebut mengagungkan kecerdasan buatan atau AI dengan mengorbankan manusia, karena menunjukkan bentuk kreativitas manusia yang digantikan oleh tablet Apple itu.