Samsung Uncrush. (Foto: Samsung)
JAKARTA – Samsung merilis sebuah iklan baru berjudul “UnCrush” yang menampilkan Seri Galaxy Tab S9 yang menarik perhatian di media sosial. Iklan yang memiliki caption “Kreativitas tidak dapat dihancurkan” itu dinilai sebagai sebuah ejekan terhadap iklan iPad Pro Apple yang banyak mendapat kritik.
Dilansir Neowin, Apple pekan lalu menghadapi kecaman setelah merilis iklan “Crush” untuk memamerkan iPad Pro baru dan chip M4-nya. Iklan itu menampilkan mesin press hidrolik berukuran industri untuk menghancurkan secara fisik berbagai instrumen kreatif seperti cat, gitar, piano, drum, kamera, dan banyak lagi.
Saat mesin press hidrolik diangkat kembali, terlihat iPad Pro super tipis yang menjanjikan untuk melakukan semua yang dapat dilakukan oleh instrumen-instrumen tersebut. Namun, iklan peluncuran produknya tersebut ternyata tidak mendapat reaksi yang diharapkan oleh Apple: kritik dan kecaman dari komunitas kreatif.
Pengguna media sosial, termasuk selebritas menyebut iklan itu sebagai “penghancuran seni dan kreativitas” atau “penghapusan pengalaman yang dirasakan manusia”. Apple pun akhirnya meminta maaf secara terbuka dan mengatakan bahwa pihaknya iklan itu “meleset”dari apa yang ingin mereka sampaikan.
Apple membatalkan rencana untuk menayangkan iklan tersebut di TV, selagi masih tersedia di YouTube. Namun, kini Samsung tampaknya mengejek kesalahan Apple tersebut dengan iklan barunya.