Dampak gangguan server PDN di Bandara. (Foto: MPI)
JAKARTA – Setidaknya 50 lebih layanan publik terdampak oleh gangguan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan bahwa layanan terkait kini telah berangsur pulih.
Sebagaimana diketahui, Pusat Data Nasional (PDN) baru-baru ini mengalami gangguan kesisteman, yang menyebabkan sejumlah layanan publik ikut terganggu, salah satunya seluruh layanan keimigrasian. Bahkan, gangguan layanan imigrasi tersebut baru-baru ini menyebabkan antrean panjang di imigrasi Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten.
PDN sendiri tidak hanya diperuntukkan bagi Ditjen Imigrasi, melainkan pusat penyimpanan dan pengelolaan data milik seluruh instansi pemerintahan di Indonesia.
Selain imigrasi, ada sekira 50 lebih layanan publik yang disebut-sebut ikut terganggu imbas dari gangguan kesisteman PDN ini.
Dirjen APTIKA Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, saat ini, Direktorat Jenderal Imigrasi terus melakukan pemulihan layanan keimigrasian sehingga sistem berangsur pulih.
Sistem autogate maupun counter petugas imigrasi sudah dapat berfungsi, baik di pintu keberangkatan maupun pintu kedatangan.
Begitu juga dengan sebagian layanan keimigrasian seperti paspor, visa, izin tinggal, dan perlintasan yang juga sudah mulai kembali beroperasi.
Sementara itu, untuk sistem layanan lainnya, saat ini masih terus dilakukan upaya pemulihan dan langkah mitigasi untuk mencegah dampak yang lebih luas.
Semuel memastikan, penanganan dilakukan dengan menetapkan skala prioritas untuk mempertahankan layanan publik yang optimal.