Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan atas gangguan perjalanan KA imbas anjloknya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir. KA Argo Bromo Anggrek yang anjlok telah dievakuasi.

    “Pada Sabtu, 2 Agustus 2025 pukul 07.17 WIB, proses evakuasi rangkaian telah mencapai tahap akhir dengan berhasilnya pengangkatan kereta kelima, yaitu kereta pembangkit. Seluruh rangkaian kini telah berada kembali di atas rel,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, Sabtu (2/8/2025).

    KA Argo Bromo Anggrek mengalami anjlok di wilayah Daop 3 Cirebon pada Jumat (1/8) sore. Saat ini KAI fokus untuk perbaikan jalur terdampak.


    SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

    “Tim evakuasi dari Daop 3 Cirebon saat ini tengah melanjutkan perbaikan jalur yang terdampak. Estimasi waktu perbaikan diperkirakan memakan waktu sekitar 150 menit sejak pukul 07.40 WIB,” katanya.

    KAI Daop 1 Jakarta menginformasikan, sejumlah perjalanan kereta api keberangkatan dan kedatangan dari dan menuju wilayah Jakarta dibatalkan pada hari ini, Sabtu (2/8). Berikut daftar KA yang dibatalkan:

    KA Keberangkatan (Genap):

    1. KA 2 Argo Bromo Anggrek (Gambir – Surabaya Pasar Turi)

    2. KA 6 Argo Semeru (Gambir – Surabaya Gubeng)

    3. KA 16 Argo Dwipangga (Gambir – Solo Balapan)

    4. KA 20 Argo Muria (Gambir – Semarang Tawang)

    5. KA 26 Argo Merbabu (Gambir – Semarang Tawang)

    6. KA 40 Sembrani (Gambir – Surabaya Pasar Turi)

    7. KA 50F Purwojaya (Gambir – Cilacap via Kroya)

    8. KA 74 Fajar Utama Solo (Pasar Senen – Solo Balapan)

    9. KA 106 Gajahwong (Pasar Senen – Lempuyangan)

    10. KA 110 Fajar Utama Yogyakarta (Pasar Senen – Yogyakarta)

    11. KA 114 Sawunggalih (Pasar Senen – Kutoarjo)

    12. KA 132 Parahyangan (Gambir – Bandung)

    13. KA 138 Parahyangan (Gambir – Bandung)

    14. KA 144 Madiun Jaya (Pasar Senen – Madiun)

    15. KA 178 Tawang Jaya Premium (Pasar Senen – Semarang Tawang)

    16. KA 268 Banyubiru (Semarang Tawang – Solo)

    17. KA 7006 Batavia (Gambir – Solo Balapan)

    18. KA 46 Taksaka (Gambir – Yogyakarta)

    19. KA 166 Dharmawangsa (Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi)

    20. KA 282 Bengawan (Pasar Senen – Purwosari)

    21. KA 272 Airlangga (Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi)

    22. KA 284 Serayu (Pasar Senen – Kroya)

    KA Kedatangan (Ganjil):

    1. KA 1 Argo Bromo Anggrek (Surabaya Pasar Turi – Gambir)

    2. KA 5 Argo Semeru (Surabaya Gubeng – Gambir)

    3. KA 13 Argo Lawu (Solo Balapan – Gambir)

    4. KA 17 Argo Sindoro (Semarang Tawang – Gambir)

    5. KA 27 Argo Merbabu (Semarang Tawang – Gambir)

    6. KA 39 Sembrani (Surabaya Pasar Turi – Gambir)

    7. KA 43 Taksaka (Yogyakarta – Gambir)

    8. KA 61 Manahan (Solo Balapan – Gambir)

    9. KA 75 Mataram (Solo Balapan – Pasar Senen)

    10. KA 103 Bogowonto (Lempuyangan – Pasar Senen)

    11. KA 94/91 Jayabaya (Malang – Surabaya – Pasar Senen)

    12. KA 109 Fajar Utama Yogyakarta (Yogyakarta – Pasar Senen)

    13. KA 111 Sawunggalih (Kutoarjo – Pasar Senen)

    14. KA 115 Sawunggalih (Kutoarjo – Pasar Senen)

    15. KA 133 Parahyangan (Bandung – Gambir)

    16. KA 137 Parahyangan (Bandung – Gambir)

    17. KA 143 Madiun Jaya (Madiun – Pasar Senen)

    18. KA 149 Singasari (Blitar – Pasar Senen)

    19. KA 163 Gumarang (Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen)

    20. KA 175 Menoreh (Semarang Tawang – Pasar Senen)

    21. KA 179 Tawang Jaya Premium (Semarang Tawang – Pasar Senen)

    22. KA 251 Jayakarta (Surabaya Gubeng – Pasar Senen)

    23. KA 259 Tawang Jaya (Semarang Poncol – Pasar Senen)

    24. KA 257 Progo (Lempuyangan – Pasar Senen)

    25. KA 7005 Batavia (Solo Balapan – Gambir)

    26. KA 47 Taksaka (Yogyakarta – Gambir)

    “Bagi pelanggan yang terdampak dan ingin melakukan refund tiket maupun ubah jadwal perjalanan, KAI Daop 1 Jakarta mengimbau untuk segera mendatangi loket pembatalan di stasiun keberangkatan. Proses pembatalan tiket diberikan batas waktu 7×24 jam dari jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket,” kata Ixfan.

    KAI Daop 1 Jakarta mengapresiasi kesabaran dan pengertian seluruh pelanggan atas situasi ini. Kami terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk mempercepat proses normalisasi jalur dan memastikan keselamatan serta kenyamanan pelanggan tetap menjadi prioritas utama.

    (jbr/idh)



    Source link

    Share.