Jakarta –
PT MRT Jakarta tengah melanjutkan proyek pembangunan fase 2A. Terkini, Terowongan (tunnel) MRT telah menghubungkan stasiun MH Thamrin dengan Stasiun Monas. Intip ‘jeroan’ proyek mass rapid transit (MRT) milik Jakarta ini.
detikcom berkesempatan meninjau langsung progres pembangunan MRT fase 2A dari kawasan Monas hingga MH Thamrin (depan kantor Bank Indonesia). Sebagai gambaran, proyek fase 2A bakal memiliki tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok serta Kota.
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjelaskan saat ini, progres pembangunan proyek MRT dari Monas menuju Harmoni mencapai 62 persen. Sementara itu, konstruksi sampai Kota baru sekitar 26 persen.
Heru menargetkan MRT fase 2 dari Bundaran HI menuju Harmoni bisa beroperasi pada 2027. Sambil pembangunan MRT dari Harmoni menuju Kota dilanjutkan.
“Oh, nggak (menunggu Kota selesai). Bisa dioperasikan sampai Harmoni. Dari Harmoni sampai Kota belum maksimal, sedang bekerja. Hari ini kan kita (sudah ada) di Bundaran HI. Nanti kalau sudah selesai sampai Harmoni, nanti dari HI bisa lanjut ke Harmoni. Sambil bekerja di Harmoni Kota. (Sampai Harmoni) 2027,” kata Heru Budi saat selepas kunjungannya ke tunnel MRT di MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).
Berdasarkan pantauan di lokasi, Rabu (18/10), detikcom mengawali perjalanan menyusuri proyek MRT Fase 2A dari dalam kawasan Monumen Nasional (Monas). Pertama-tama, para visitor (tamu) diwajibkan memakai alat pelindung diri (APD) lengkap berupa vest, helm beserta sepatu boots proyek.
Melihat Jeroan MRT Fase 2A dari Monas hingga MH Thamrin (Tiara-detikcom)
|
Bangunan stasiun Monas memiliki 2 lantai dengan kedalaman 18 meter dan lebar 200 meter. Untuk mengakses lantai satu stasiun bawah tangga perlu turun menggunakan tangga proyek yang disiapkan. Tampak pengerjaan konstruksi stasiun bawah tanah terus dilanjutkan.
Pekerja proyek sibuk berlalu-lalang di sekitar lokasi. Ada yang melakukan pengelasan, ada juga yang membawa material bangunan. Penerangan di dalam bangunan stasiun pun terbilang cukup.
Meskipun bangunan stasiun mulai nampak, beberapa titik masih belum bisa dilalui lantaran masih dalam tahapan konstruksi.
detikcom kemudian bergerak menuju lantai 2 stasiun untuk melihat terowongan. Kali ini, tangga stasiun sudah terbangun sehingga bisa dilewati.
Melihat Jeroan MRT Fase 2A dari Monas hingga MH Thamrin (Tiara-detikcom)
|
Terlihat dua terowongan yang menghubungkan Stasiun Monas dan MH Thamrin telah terbangun. Terowongan membentang sepanjang 300 meter digunakan sebagai lintasan kereta. Masing-masing terowongan memiliki diameter 6 meter.
Kendati begitu, visitor hanya bisa melintas di salah satu bangunan terowongan. Itu karena terowongan lainnya masih dalam tahapan konstruksi.
Saat menyusuri terowongan, konstruksi jalan rel juga mulai terlihat wujudnya. Hanya saja, besi-besi ditutupi oleh garis pembatas.
Terowongan juga dilengkapi dengan jembatan di salah satu siti yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Karena masih dalam tahapan pengerjaan, area di dalam terowongan berdebu.
(taa/dwia)