Regulasi mewajibkan verifikasi identitas guna menjamin keamanan transaksi seperti pengelolaan uang elektronik, dompet digital, maupun transfer dana yang disediakan oleh perusahaan Financial Technology (Fintech).
Proses e-KYC juga berperan penting untuk memastikan sistem hanya diakses oleh pihak yang sah, sehingga dapat mengurangi risiko penipuan atau penyalahgunaan.
Kini, proses e-KYC tersebut dapat didukung oleh solusi Al BigBox dari Telkom Solution, bagian dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom). BigBox hadir untuk membantu fintech melakukan verifikasi identitas pelanggan dengan teknologi e-KYC berbasis Al yang diklaim menyeluruh, cepat, dan akurat.
AI BigBox menyediakan tiga kapabilitas utama dalam meningkatkan proses e-KYC. Pertama, Optical Character Recognition atau OCR yang mampu mengekstrak data KTP menjadi format digital secara otomatis. Kedua, Face Liveness Detection yang dapat memverifikasi keaslian wajah pengguna. Ketiga, Face Similarity untuk mencocokkan wajah pengguna dengan foto pada KTP sehingga memastikan kesesuaian identitas.
Salah satu perusahaan yang telah memanfaatkan layanan ini adalah PT Bimasakti Multi Sinergi (Bimasakti), sebuah fintech yang berfokus pada layanan pembayaran elektronik (e-payment). Bimasakti membutuhkan proses e-KYC yang cepat dan andal sebagai kunci untuk menjaga kepercayaan dan keamanan pengguna sekaligus mendukung layanan yang lebih optimal.
Layanan Al BigBox terbukti mampu mengotomatisasi proses verifikasi identitas, meningkatkan kecepatan dan akurasi e-KYC di Bimasakti.
E-Payment Solution Manager Bimasakti, Rizal Mashuri mengungkapkan, “Sejak memanfaatkan Al BigBox, proses e-KYC kami menjadi lebih cepat dan akurat, memungkinkan onboarding pelanggan dalam hitungan menit sekaligus berdampak positif terhadap efisiensi administrasi dan operasional perusahaan secara signifikan”.
Lebih lanjut, EGM Digital Product Telkom Indonesia, Komang Budi Aryasa, menyampaikan bahwa Al BigBox dihadirkan untuk membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan daya saing melalui inovasi digital yang berkelanjutan, sekaligus memperkuat kepercayaan dan keamanan layanan finansial.

