Besok Senin, Ini 7 Langkah Kelola Waktu Agar Sat-Set. (Foto: Freepik)
JAKARTA – Persoalan yang hadir dalam kehidupan terkadang karena hal sepele, namun dampaknya luas. Salah satunya adalah karena kerap menunda-nunda pekerjaan.
Solusinya yang harus Moms lakukan adalah mengelola waktu yang baik. Dengan begitu kehidupan akan lebih ringan dan produktif.
Jika Moms sudah berhasil mengatur waktu dengan baik maka dampaknya baik urusan pribadi, keluarga maupun pekerjaan dapat tertata sesuai prioritas tanpa terburu-buru. Tapi harus mulai dari mana ya? Berikut 7 kebiasaan sederhana untuk manajemen waktu yang baik, seperti dikutip dari This Evergreen Home, Minggu (7/9/2025).
1. Menentukan Prioritas Sebelum Mulai Bekerja
Kunci utama untuk produktif adalah memiliki fokus dalam bekerja. Agar fokus, tentukan prioritas apa yang perlu dikerjakan serta tidak dikerjakan. Ini penting untuk mengurutkan pekerjaan yang harus didahulukan. Moms bisa mengawali aktivitas dengan pertanyaan sederhana kepada diri sendiri, “Apa saja yang perlu dikerjakan hari ini?” baru kemudian diurutkan.
2. Mengerjakan Satu Pekerjaan dalam Satu Waktu
Untuk meringkas waktu, tentukan mana pekerjaan yang bisa dilakukan dalam satu waktu. Pastinya situasi ini membutuhkan konsentrasi yang baik, karena pekerjaan satu dan lainnya memiliki penanganan yang berbeda. .
3. Gunakan Alat Sederhana untuk Menyelesaikan Pekerjaan
Menggunakan alat bantu dalam menyelesaikan pekerjaan mampu meringankan tugas Anda. Tidak ada salahnya menggunakan kecanggihan teknologi, dengan mencari alternatif cara dengan bantuan ChatGPT atau Googling.