Jakarta

    Proses refund tiket kereta api bisa dilakukan secara online via aplikasi Access by KAI maupun offline melalui loket di stasiun yang telah ditentukan. Sebelum melakukan refund tiket, pastikan Anda sudah mengetahui ketentuan yang berlaku.

    Berikut informasinya.


    SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

    Bersumber dari akun Instagram KAI (@kai121_), ini ketentuan refund tiket kereta api:

    • Sejak 1 Juni 2024, pengembalian dana refund tiket kereta api hanya tujuh hari dan langsung masuk ke rekening pemohon.
    • Ada potongan bea refund tiket sebesar 25% sehingga pemohon hanya menerima refund sebesar 75% dari harga tiket (di luar bea pesan). Ketentuan ini berlaku untuk perjalanan kereta api antarkota dan kereta api perkotaan.

    Cara Refund Tiket Kereta Lewat Aplikasi

    Ini cara refund tiket kereta api lewat aplikasi Access by KAI.

    1. Pembatalan tiket yang dibeli dari channel eksternal

    • Pada halaman utama, pilih “Tiket Saya”
    • Pilih “Cek & Tambah Tiket”
    • Lalu, masukkan kode booking yang akan dibatalkan
    • Pilih “Lanjutkan”
    • Tiket yang akan dibatalkan akan muncul di menu “Tiket Saya”
    • Pembatalan tiket di aplikasi Access by KAI dapat dilakukan oleh pemilik tiket atau pemilik akun Access by KAI yang termasuk dalam daftar penumpang di kode booking yang sama.

    2. Pembatalan tiket dari aplikasi Access by KAI

    • Pada halaman utama, pilih “Tiket Saya”
    • Pilih tiket/kode booking yang akan dibatalkan
    • Pilih menu “Kelola Pesanan Anda”
    • Pilih menu “Pembatalan”
    • Pilih daftar penumpang yang ingin dibatalkan (semua/sebagian penumpang), lalu klik “Batalkan Perjalanan”
    • Akan tampil info bea pembatalan dan dana yang akan di-refund, klik “Batalkan Perjalanan”
    • Pada halaman “Detail Pengembalian Dana”, pilih “Rekening Bank”, lalu:
      – Pilih nama bank
      – Masukkan nomor rekening bank
      – Klik verifikasi
    • Setelah itu, otomatis tampil data bank, nomor rekening, dan nama pemilik rekening
    • Pastikan data pengembalian dana lewat rekening bank sudah sesuai, lalu klik “Next”
    • Jika sudah sesuai dan yakin untuk pembatalan, klik “Ya, lanjutkan”
    • Kemudian, tiket berhasil dibatalkan, klik “Selesai”
    • Pengembalian bea dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Nama dan nomor rekening bank yang diinput, harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.

    Cara Refund Tiket Kereta Lewat Loket Stasiun

    Ini langkah-langkah melakukan refund tiket kereta api di loket stasiun.

    • Proses pembatalan tiket sudah harus diproses oleh petugas loket, paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan keretanya (sudah sukses dibatalkan petugas loket, bukan sedang proses antrean). Pembatalan tiket akan dikenakan bea sebesar 25%.
    • Melampirkan formulir pembatalan tiket yang sudah diisi, boarding pass, dan identitas penumpang.
    • Jika pembatalan tiket diwakilkan orang lain yang tidak tercantum dalam tiket, wajib menyertakan surat kuasa bermeterai disertai identitas pemilik tiket dan penerima kuasa.
    • Pengembalian bea/refund dapat melalui skema transfer bank atau tunai di stasiun yang ditentukan.
    • Bea pengembalian tiket melalui transfer ke rekening pribadi atau secara tunai akan dilakukan maksimal tuju hari setelah permohonan pembatalan.

    Berikut daftar loket stasiun untuk refund tiket kereta api.

    1. Daerah Operasi 1 Jakarta

    • Stasiun Gambir
    • Stasiun Pasarsenen
    • Stasiun Bogor Paledang
    • Stasiun Bekasi
    • Stasiun Cikampek
    • Stasiun Cikarang
    • Stasiun Sukabumi

    2. Daerah Operasi 2 Bandung

    • Stasiun Bandung
    • Stasiun Kiaracondong
    • Stasiun Purwakarta
    • Stasiun Tasikmalaya
    • Stasiun Banjar

    3. Daerah Operasi 3 Cirebon

    • Stasiun Cirebon
    • Stasiun Cirebon Prujakan
    • Stasiun Jatibarang
    • Stasiun Brebes

    4. Daerah Operasi 4 Semarang

    • Stasiun Tegal
    • Stasiun Pekalongan
    • Stasiun Semarang Poncol
    • Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng
    • Stasiun Cepu

    5. Daerah Operasi 5 Purwokerto

    • Stasiun Purwokerto
    • Stasiun Kroya
    • Stasiun Cilacap
    • Stasiun Kutoarjo

    6. Daerah Operasi 6 Yogyakarta

    • Stasiun Yogyakarta
    • Stasiun Lempuyangan
    • Stasiun Solo Balapan

    7. Daerah Operasi 7 Madiun

    • Stasiun Madiun
    • Stasiun Kertosono
    • Stasiun Kediri
    • Stasiun Jombang
    • Stasiun Blitar

    8. Daerah Operasi 8 Surabaya

    • Stasiun Surabaya Gubeng
    • Stasiun Surabaya Pasarturi
    • Stasiun Sidoarjo
    • Stasiun Malang
    • Stasiun Mojokerto
    • Stasiun Bojonegoro

    9. Daerah Operasi 9 Jember

    • Stasiun Ketapang
    • Stasiun Kalibaru
    • Stasiun Jember
    • Stasiun Probolinggo
    • Stasiun Pasuruan

    10. Divisi Regional I Medan

    • Stasiun Medan
    • Stasiun Tebingtinggi
    • Stasiun Siantar
    • Stasiun Tanjungbalai
    • Stasiun Kisaran
    • Stasiun Rantauprapat

    11. Divisi Regional II Padang

    12. Divisi Regional III Palembang

    • Stasiun Kertapati
    • Stasiun Prabumulih
    • Stasiun Lubuklinggau
    • Stasiun Muara Enim
    • Stasiun Lahat

    13. Divisi Regional IV Tanjungkarang

    • Stasiun Baturaja
    • Stasiun Kotabumi
    • Stasiun Tanjungkarang
    • Stasiun Martapura
    • Stasiun Blambangan Umpu
    • Stasiun Labuhan Ratu
    • Stasiun Rejosari
    • Stasiun Bekri

    Simak juga Video ‘Polemik Usulan Gerbong Merokok di Kereta hingga Direspons Gibran’:

    (kny/imk)



    Source link

    Share.