Event yang digelar di Gelora Bung Karno, Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 23 November 2025 ini menghadirkan 15 UMKM binaan Pertamina dari sektor kuliner.
Eco RunFest diramaikan oleh UMKM umum dari Jakarta, Jawa Barat, hingga Sumatera. Para pelaku usaha tersebut membawa beragam produk unggulan, mulai dari kuliner tradisional, makanan sehat, kopi dan minuman herbal, hingga kerajinan tangan dan produk kreatif anak muda yang menambah semarak dan pilihan bagi para pengunjung.
Salah satu UMKM binaan Pertamina, Pempek Tenggiri Hana milik Diana, mencatat lonjakan penjualan sejak acara dibuka.
“Sejak jam 10 sudah terjual 500 pieces dari seribu stok. Event ini sangat membantu memperluas pemasaran kami di Jakarta,” ujar Diana dalam keterangan yang diterima redaksi.
Omzet yang diperoleh akan digunakan untuk pengembangan usaha agar bisa naik kelas.
Sementara itu, Adi Rukmana, pemilik Baso Cinta asal Bandung juga merasakan manfaat besar dari gelaran Eco RunFest.
“Dari 5.000 porsi yang dibawa, sudah terjual 3.700. Pertamina sejak dulu membina saya dari literasi keuangan sampai manajemen pemasaran. Event seperti ini sangat berdampak,” jelasnya.
Adi menambahkan bahwa usaha yang berkembang memungkinkannya membuka lapangan kerja, terutama bagi ibu-ibu single parent serta perempuan usia nonproduktif di daerahnya.
Selain dua UMKM tersebut, puluhan pelaku usaha lainnya, mulai dari penjual kopi, snack, minuman sehat, makanan rumahan, hingga produk kriya melaporkan permintaan yang terus meningkat seiring padatnya pengunjung Eco RunFest.
VP CSR & SMEPP Management PT Pertamina (Persero), Rudi Ariffianto, menegaskan bahwa Eco RunFest menjadi wadah kolaborasi besar bagi UMKM.
“Kami membawa 15 UMKM binaan F&B, tetapi Eco RunFest melibatkan puluhan UMKM lainnya dari berbagai daerah. Ini menunjukkan bahwa event ini tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga menyehatkan ekonomi UMKM,” ungkapnya.
Menurut Rudi, besarnya jumlah peserta Eco Run ditambah pengunjung festival membuka peluang pasar yang luas bagi seluruh pelaku UMKM yang terlibat.
Melalui program pembinaan dan penyediaan akses pasar, Pertamina berharap keterlibatan UMKM dalam Eco RunFest dapat menjadi momentum penting untuk memperluas jaringan pemasaran, meningkatkan kapasitas produksi, dan memperkuat posisi UMKM di tengah persaingan usaha.
“Gelaran Eco RunFest 2025 menjadi bukti bahwa sinergi antara olahraga, lingkungan, dan UMKM mampu menghadirkan dampak ekonomi langsung bagi masyarakat,” pungkas Rudi.
Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

