Per Selasa, 2 Desember 2025, layanan mobile broadband Telkomsel di tiga provinsi tersebut sudah pulih 76,5 persen. Sementara untuk layanan fixed broadband IndiHome sudah 79,7 persen pemulihan.
Sebagai langkah penguatan layanan darurat, Telkom melalui PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) mengaktifkan tambahan backup unit layanan satelit Mangostar untuk mendukung konektivitas di 6 posko bencana yang tersebar di Aceh, Sumut, dan Sumbar.
Penguatan unit layanan satelit difokuskan untuk mendukung aktivitas komunikasi tim teknis Telkom Group, relawan, dan warga yang mengungsi di posko bencana. Pengoperasian satelit ini memperkuat penggunaan backup IP radio dan jalur alternatif lainnya yang telah lebih dulu diaktifkan sejak bencana terjadi.
“Tantangan utama kami akses menuju lokasi dan masalah sumber daya listrik yang tidak stabil. Kerusakan pada jalur transmisi, terutama fiber optik membuat proses perbaikan membutuhkan waktu dan upaya teknis tambahan,” kata Direktur Utama Telkom Dian Siswarini dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 4 Desember 2025.
Selain memulihkan jaringan telekomunikasi, Telkom Group juga sigap menyalurkan dukungan tanggap darurat, konektivitas, dan bantuan kemanusiaan. Sejak bencana alam terjadi, akses internet gratis bagi masyarakat terdampak tersedia di Kantor Wilayah Telkom Sumut, Kantor Wilayah Telkom Banda Aceh, Pusat Layanan Telkom Sigli, Kantor Wilayah Telkom Sibolga, Kantor Wilayah Telkom Sumbar, dan Pusat Layanan Telkom Talu.
Di sisi lain, bantuan logistik dan sembako berupa bahan makanan, perlengkapan memasak, dan pakaian turut disalurkan bagi masyarakat terdampak serta bantuan dapur umum yang melayani lebih dari 1.300 pengungsi.
TelkomGroup menyediakan posko tanggap darurat yang berlokasi di AKHLAK Hall Witel Sumut, kantor Witel Aceh dan kantor Witel Sumbar.

