Momentum tanggal kembar 12.12 dan periode akhir tahun biasanya akan menjadi puncak musim pengiriman bagi industri logistik, termasuk Lion Parcel.
“Periode 12.12 dan akhir tahun berkontribusi pada lonjakan pengiriman yang cukup tinggi. Agar layanan pengiriman Lion Parcel tetap dapat berjalan dengan baik, biasanya kami melakukan forecasting dengan mempelajari tren historis tahun-tahun sebelumnya untuk menentukan strategi yang tepat seperti jumlah penambahan armada dan temporary manpower yang sesuai,” ujar Chief Operating Officer Lion Parcel, Mohammad Fadli dalam keterangan yang diterima redaksi di Jakarta, Kamis, 11 Desember 2025.
Selain menambah armada dan pekerja sementara, perusahaan juga mengoptimalkan alur operasional melalui peningkatan koordinasi di level gudang serta pemantauan distribusi secara lebih intensif. Langkah ini didukung jaringan distribusi nasional dan standar kerja operasional yang terstruktur.
Perusahaan jasa logistik ini mencatat tren pengiriman akhir tahun biasanya meningkat seiring kampanye belanja 12.12, tingginya aktivitas UMKM dan online seller, serta pengiriman hadiah Natal dan Tahun Baru.
Permintaan juga cenderung naik mendekati masa gajian (pay day) ketika konsumen berbelanja kebutuhan akhir tahun.
Dalam tiga tahun terakhir, komoditas yang paling banyak dikirim pada momen puncak akhir tahun didominasi produk fesyen pakaian, tas, dan aksesori serta suku cadang kendaraan, untuk servis kendaraan menjelang liburan.
“Peningkatan pengiriman biasanya paling tinggi terjadi di wilayah Jabodetabek, disusul Surabaya, Bandung, dan Medan. Oleh karena itu, Lion Parcel memfokuskan optimalisasi operasional di area-area tersebut untuk memastikan layanan tetap lancar selama periode peak season ini,” jelas Fadli.
Selain memperkuat kapasitas operasional, Lion Parcel juga meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Dari sisi people, tim customer service dipersiapkan agar lebih responsif. Dari sisi sistem, perusahaan meningkatkan kemampuan teknologi dan sistem informasi untuk memastikan transparansi status pengiriman bagi pelanggan.

