Ilustrasi. (Foto: Unsplash)
JAKARTA – Instagram meluncurkan aplikasi khusus iPad dengan antarmuka (UI) yang didesain ulang, menempatkan fitur video pendeknya, Reels, di bagian tengah. Langkah ini dilakukan Meta di tengah upaya intensif bersaing dengan TikTok milik ByteDance.
Aplikasi ini menjawab keluhan lama tentang pengalaman Instagram di iPad, yang sebelumnya mengharuskan penggunaan versi iPhone yang diperbesar dengan visual yang buram dan fitur yang hilang.
Dilansir Reuters, aplikasi baru ini tersedia secara global pada perangkat yang menjalankan iPadOS 15.1 dan versi lebih baru. Aplikasi terbuka langsung ke umpan Reels, dengan Stories disematkan di bagian atas dan akses satu ketukan ke pesan.
Reels, yang menyumbang lebih dari 20% waktu yang dihabiskan pengguna di Instagram, merupakan pilar utama dalam strategi Meta untuk meningkatkan interaksi di seluruh platformnya di pasar video berdurasi pendek yang kompetitif.
Aplikasi iPad ini menambahkan tab Mengikuti dengan beberapa opsi tampilan, termasuk postingan yang direkomendasikan, konten dari pengikut bersama, dan umpan kronologis. Pengguna dapat menyusun ulang opsi umpan untuk memprioritaskan konten yang disukai.