Jakarta –
Perjalanan dari Jakarta ke Bandung dapat ditempuh menggunakan kereta api dengan tarif hanya Rp 16.000. Mengutip dari situs KAI, kombinasi KRL Commuter Line, KA Lokal Walahar, dan KA Lokal Garut membuat perjalanan lebih hemat dan terjangkau.
“Kami ingin masyarakat tahu bahwa ada cara hemat dan menyenangkan untuk menjelajahi kota ke kota. Layanan ini tersedia setiap hari, bebas macet, terintegrasi, dan menyuguhkan pemandangan khas,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam siaran pers.
Berikut informasinya.
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Cara ke Bandung dari Jakarta dengan Tarif Rp 16.000
Ini rute perjalanan dari Jakarta ke Bandung naik kereta api dengan tarif tiket Rp 16.000:
- Naik Commuter Line dari Stasiun Manggarai ke Cikarang: Tarif Rp 4.000
- Setelah tiba di Cikarang, lanjutkan perjalanan dengan KA Lokal Walahar ke Purwakarta: Tarif Rp 4.000
- Lanjut dengan KA Lokal Garut relasi Purwakarta-Kota Bandung: Rp 8.000
Cara Pembatalan Tiket Kereta Online
Jika ingin melakukan pembatalan tiket kereta secara online, silakan perhatikan langkah-langkah di bawah ini.
- Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi Access by KAI serta menggunakan akun Access by KAI pemohon.
- Pembatalan tiket melalui Aplikasi Access by KAI dapat dilakukan selambat-lambatnya dua jam sebelum kereta api berangkat dan kode booking yang dimiliki berstatus “Paid”.
- Jika lewat dari waktu tersebut, maka proses pembatalan dilakukan di loket stasiun.
- Untuk pembatalan tiket, dikenakan bea sebesar 25% dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan.
- Pengembalian dana pembatalan estimasi 7 hari terhitung sejak pengajuan pembatalan dilakukan.
- Pengembalian bea hanya melalui skema transfer bank dan E-Wallet.
- Pengembalian bea dapat dikirimkan ke rekening salah satu penumpang yang ada di dalam kode booking tiket yang dibatalkan. Nama dan nomor rekening bank yang diinput harus sesuai dengan nama dan nomor pada buku rekening bank.
- Apabila terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan, maka proses pembatalan akan ditolak oleh sistem dan penumpang dapat melakukan pembatalan manual di loket stasiun yang ditentukan perusahaan.
- Apabila proses pengembalian bea tiket yang dibatalkan mengalami kegagalan transfer, maka penumpang akan mendapat pemberitahuan berupa notifikasi sms dan email serta berhak mendapatkan bea tiket yang dibatalkan paling lama/maksimal 1 tahun terhitung sejak proses pembatalan dilakukan.
- Jika dalam waktu 1 tahun sejak proses pembatalan, bea pengambilan tiket tidak diambil, maka bea tersebut akan menjadi milik perusahaan.
- Pembatalan secara online juga dapat dilakukan apabila pembelian sebelumnya melalui situs online selain aplikasi Access by KAI. Kode booking dapat masuk ke menu “Tambahkan Tiket” dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user Access.
(kny/imk)