Akhir-akhir Ini Angin di Jakarta Berembus Kencang, Ini Penjelasan BMKG


Jakarta

Dalam beberapa hari terakhir, angin berembus cukup kencang di Jakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan mengenai penyebab angin kencang tersebut.

Pertama, adanya pola konfluen atau pertemuan arus angin. Subkoordinator Bidang Prediksi dan Peringatan BMKG, Ida Pramuwardhani, menjelaskan adanya pola konfluen ini menyebabkan kencangnya embusan angin beberapa hari ini.

“Adanya pola konfluen atau pertemuan arus angin memanjang dari Samudra Hindia Barat, Sumatera hingga Jawa bagian barat,” kata Ida kepada detikcom, Rabu (25/1/2023).

Ida mengatakan pola konfluen yang memanjang dari Samudra Hindia Barat, Sumatera hingga Jawa itu mengakibatkan peningkatan kecepatan angin di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Yang mengakibatkan peningkatan kecepatan angin di daerah Jabodetabek dan sekitarnya,” ungkapnya.

Selain itu, kata Ida, aliran massa udara yang kuat dari benua Asia juga menyebabkan peningkatan kecepatan angin di Laut Jawa hingga Selat Makassar.

“Aliran massa udara yang kuat dari benua Asia menyebabkan peningkatan kecepatan angin di Laut Jawa hingga Selat Makassar,” jelas Ida.

Ida pun mengimbau warga yang berada di area terbuka untuk berhati-hati. Warga juga dimintanya untuk menghindari benda-benda tinggi dan sudah rapuh.

“Berhati-hati jika berada di luar ruangan (di daerah terbuka). Menghindari benda-benda yang tinggi dan sudah rapuh jika berada di luar rumah (misal di bawah pohon rimbun atau baliho yang rapuh). Berhati-hati jika berkendara roda 2 dan selalu mengupdate info cuaca dari BMKG,” papar dia.

(mae/dhn)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *